Rabu, 01 Juli 2020

[Behind] Summary of Omniscient Reader's Viewpoint ~Volume 1~

Cover ORV edisi pertama



00 Prologue 

Intinya cuma monolog Kim Dokja memperkenalkan dirinya dan novel “Ways of Survival”. Terus dapat pemberitahuan novelnya berakhir di chapter 3.149, di hari tragis itu mestinya rilis chapter epilog sekaligus akan dibuat berbayar tiap buka satu chapternya (monetisasi). Author WoS, tls123, kirim pesan ke Kim Dokja, mengucapkan terima kasih sekaligus kasih tau soal monetisasi itu.
Mereka sempat bertukar pesan beberapa kali sebelum tls123 menghilang (uhuk). Dia bilang mau kasih hadiah spesial karena Kim Dokja jadi pembaca setianya sampai akhir. Sempat bilang juga menang kompetisi (uhuk). Dari sini tuh, saya senyum-senyum sendiri pas baca ulang buat bikin ringkasan ini wwwwwww!


01 Starting the Paid Service

Kim Dokja pulang kantor dengan naik kereta subway. Dia dapat info soal novel WoS yang berakhir dan akan dimonetisasi. Pas di kereta, ternyata dihampiri Yoo Sangah (pegawai HRD) yang bisa dibilang kembang kantor(?). Katanya sepedanya dicuri, makanya naik subway dan mereka ngobrol dengan canggung (Kim Dokja literally introvert). Btw, yang mencuri sepedanya ternyata Han Myungoh, Kepala Departemen Keuangan dan segerbong sama mereka (dia ngikutin Yoo Sangah).
Yoo Sangah

Padahal diajak ngobrol, tapi perhatian Kim Dokja beralih ke Lee Gilyoung yang duduk berhadapan dengannya. Kalau di novel, Lee Gilyoung terlihat bahagia dengan ibunya (padahal itu bibinya karena ortunya udah meninggal), tapi pas baca versi manhwanya, dia justru keliatan murung sambil megangin tempat menyimpan serangga.

Lee Gilyoung (yang pegang jaring)

Gak lama, scenario dimulai. Bihyung yang jadi storyteller di channel #BI-7623, muncul. Ada yang protes dan langsung dibunuh. Muncul deh Han Myungoh yang menawarkan cek. Sayangnya dia gak mati, hahaha.
Bihyung

Muncul juga Lee Hyunsung (yang nantinya akan dikenal dengan nama “Steel Sword Lee Hyunsung” di WoS). Salah satu inkarnasi terkuat dan bisa berubah wujud jadi pedang. Dia berusaha menenangkan keadaan sebagai seorang tentara pangkat Letnan. Kemudian ada siaran langsung dari Blue House dan mengumumkan siaga 1 karena serangan teroris. Tapi yang terjadi malah juru bicara dibunuh juga.
Lee Hyunsung

Karena gak ada yang gerak, Bihyung mengikis waktu jadi 10 menit. Semacam motivasi buat mereka gerak, Bihyung juga menyiarkan channel #Bay23515 dari Daepong Girl’s High School di mana ada Lee Jihye sedang mencekik teman baiknya sendiri dan jadi satu-satunya inkarnasi yang lolos scenario pertama. 
Lee Jihye

Setelahnya Kim Dokja ingat attachment dari email tls123 yang ternyata adalah full txt dari novel WoS. Pas dia mau buka Attribute Window buat liat skill yang dipunya, ternyata gak bisa dibuka padahal harusnya bisa. Kim Dokja mulai baca lagi novelnya yang ngaruh ke terbukanya atribut eksklusif khusus, yaitu Omniscient Reader’s Viewpoint. Si protagonis aka Yoo Jonghyuk ternyata ada di gerbong sebelah (3707) sementara dirinya ada di 3807.
Terus dari semua inkarnasi (sebutan pemain di scenario Star Stream), Kim Namwoon yang masih bocah kelas dua SMA di Daepong High School yang paling cepat beradaptasi. Dia punya kekuatan chuunibyou dan menurut WoS akan jadi salah satu inkarnasi terkuat. Nah, dia mulai menghajar nenek-nenek supaya bisa bertahan hidup. Yang lain ikutan, termasuk Han Myungoh. Yoo Sangah mau nolongin tapi dihadang Kim Dokja, dan walau bukan rencananya tapi akhirnya dia maju nyingkirin Kim Namwoon buat dapetin belalang yang dibawa Lee Gilyoung.
Kim Namwoon

Setelah dapat satu belalang (yang ternyata juga sedang bertelur), Kim Dokja teriak cari perhatian sekaligus berhentiin aksi kekerasan ke nenek-nenek itu. Gak lupa Lee Gilyoung dikasih satu sebelum akhirnya dia lempar tempat belalangnya kea rah Yoo Sangah.
Kim Namwoon kesel karena dihadang Kim Dokja. One on one dan dari situ, Kim Dokja sadar punya skill ORV yang bisa baca gerakan dan pikiran lawan. Dia juga punya skill Character List yang buat dirinya bisa baca data profil, termasuk sponsornya tapi terbatas untuk karakter dari WoS. Terus Kim Namwoon mau nusuk tepat di hati, Kim Dokja ngulur waktu terus nukar koin hasil ngebunuh telur belalang buat ningkatin stamina sampai level 10.
Kalau menurut saya, Kim Dokja jelas gak mau Kim Namwoon lolos ke scenario selanjutnya. Dia tau si bocah chuuni ini bakal nyusahin karena yang jadi sponsornya nanti salah satu constellation kuat dan berbahaya.
Scenario pertama kelar. Kim Dokja kayaknya dapat Fable/Story ‘Mass Murderer’.


02 Protagonist

...saya emosi baca bagian ini. Obrolan pertama mereka (JongDok) berakhir Kim Dokja masuk ke perut ichthyosaur, monster tingkat 7 di WoS. Bentuknya mirip ular kobra (awalnya saya ngira bentuk naga air wwwwww). 
Ichthyosaur

Kim Dokja dengan bodohnya (dia menolak untuk bersimpati) ngajak Lee Gilyoung gabung. Dimulailah kehidupan Kim Dokja sebagai wali Lee Gilyoung. Momen ayah-anak di antara mereka jadi obat penyembuh walau ke depannya bakal buat saya nangis sampai bad mood seharian.
Masuk adegan pilih sponsor. Kim Dokja dapat...
Sponsor

Karena saya udah tau siapa mereka, jadi saya akan fokus ke Secretive Plotter wwwwwww! Plot twist sumpah hubungan Kim Dokja dan si SP ini, tapi tiga conste lainnya juga baik, kok. Abyssal Black Flame Dragon itu aslinya sponsor Kim Namwoon di WoS. Demon-like Judge Fire aka Archangel Uriel bakal jadi fanatic Kim Dokja (ups), terus Prisoner of the Golden Headband aka Sun Wukong ini bisa dibilang jadi kakak Kim Dokja (uuuups~). Tadinya saya mengira Prisoner jadi kakeknya karena Sun Wukong yang ada di bayangan saya itu rambut putih kayak kakek-kakek, persis Sun Wukong asli di drama laga lawas banget dari Tiongkok.
Dan Kim Dokja... nolak semuanya. Sampai akhir gak punya sponsor (gak yakin sama deskripsi wiki yang bilang SP jadi sponsornya nanti). Dia lebih suka buat kontrak sementara dengan para conste.
Lucunya... mereka berempat kecewa dan marah, tapi cuma SP yang tertarik sampai kasih 200 koin, cieeeee (uhuk!).
Bihyung nyiapin scenario kedua dan Kim Dokja tau kalau mereka gak keburu kalau gak motong jalan. Sebelum dimulai, Kim Dokja mau keluar dari gerbong. Si brengsek Yoo Jonghyuk udah ngamuk mau buka pintu gerbong mereka dan dia bilang kalau sampai ketangkap, mereka akan mati.
Dengan bantuan stigma Great Mountain Push yang dikasih sponsor Lee Hyunsung (Master of Steel), mereka keluar dari gerbong. Sayangnya, jembatan Dongho hancur. Terus muncul...

Setelahnya nongol monster lain, tingkat 9 pula, Sea Commander. Dia menghancurkan jembatan... kesulitan scenario pun jadi D. Lee Hyunsung dan Lee Gilyoung sampai di Stasiun Oksu, seberang jembatan. Tapi di belakang mereka menyusul zombie, termasuk Kim Namwoon yang fokus bunuh Kim Dokja.
Sponsor Yoo Sangah (dari nebula Olympus sialan) aktifin scenario Deus Ex Machina. Hanya orang dengan jumlah tertentu yang bisa menyeberang. Sayangnya Kim Dokja gak bisa baca profil karena Yoo Sangah bukan karakter WoS.
Pas perhatian Kim Dokja teralih ke zombie Kim Namwoon, Han Myungoh pakai stigma The One-Legged Swift Horse dari conste Lame Trickster.
Saya benar-benar ngakak pas baca manhwa-nya, literally memeable mukanya Kim Dokja. Makin ngakak baca pesan si SP bilang kagum dengan gampangnya dia dibodohi. Uriel malah positive thinking, nganggap itu adalah pengorbanan yang jelas absurd diliat dari manapun wwwwwwwwwww!!
Di saat Kim Namwoon menyerangnya membabibuta... muncul notif skill-nya yang lain aktif. Bookmark. Ada 3 slot yang udah keisi 2, hasil dari pemahaman karakter dari Kim Dokja. Dia pakai The Delusion Demon Kim Namwoon yang bisa aktif selama 1 menit. Keren deh versi manhwanya, bentuk buku yang terbuka gitu. 
Waktu habis, muncul deh, si brengsek... Reaksi Kim Dokja? Panas dingin tapi ekspresinya jelas penuh antisipasi, excited gitu. Dasar fanboy wwwwwwww!
Kim Dokja yang baca Character List langsung ditarik kerah lehernya karena gak jawab. Yoo Jonghyuk gregetan, “Bagaimana kau masih hidup?”
Gila sih, Kim Dokja ditinju perutnya setelah jawab namanya siapa. Dianya juga nyahut nantangin gitu sih, Yoo Jonghyuk yang temperamen langsung kesel dan ninju lagi. Ninju ketiga kalinya ditahan, dengan beraninya ngaku jadi penggemar pro gamer Yoo Jonghyuk.
Confrontasi Kim Dokja

Efek jadi pembaca WoS buat pemahamannya ke Yoo Jonghyuk tinggi dan skill ORV stage 2 aktif. Kim Dokja bisa baca pikirannya wwwwww!
Gara-gara itu dia bisa ngeles yang berakhir buat Yoo Jonghyuk mikir masa depan berubah karena dirinya. Tapi dia masih curiga dan aktifin skill Sage’s Eye. Dari situ ketauan adanya Fourth Wall. Saya gak akan nyebut Fourth Wall sebagai skill lagi karena dia literally hidup. Bisa ngomong lewat tulisan di tembok dan neglindungin Kim Dokja dari apapun. 
Yoo Jonghyuk dengan Sage's Eye

Sayangnya... Yoo Jonghyuk makin curiga. Kim Dokja ngeles lagi, bilang mau jadi companion buat kelarin scenario ke-46 dan bilang tau masa depan. Si brengsek pakai skill Lie Detection dan dijawab benar.
Ending-nya... Kim Dokja terjun bebas ke sungai... dan si brengsek senyum cemerlang setelah ngelepas cengkeraman tangannya dari kerah Kim Dokja. 
Rasanya pengen nampol si bajingan ini

Saya suka omongan Kim Dokja yang balas sambil senyum, “Lepas tanganmu dan pergi, you damn jerk (bajingan).”
Senyumnya nanti bakal jadi teror buat Kim Dokja’s Companion wwwwwwwww!
Yoo Jonghyuk pun percaya kalau Kim Dokja itu... prophet, seperti Anna Croft, perempuan dari Amrik yang berkhianat dan jadi inkarnasi dari nebula Asgard sialan.


03 Contract

Ringkasan sebelumnya panjang karena itu salah satu adegan favorit walaupun isinya kebrengsekan Yoo Jonghyuk.
Kim Dokja dimakan Sea Commander di Sungai Han. Sun Wukong dan Uriel kasih koin, si SP cuma kasih notif kecewa. Gemes saya sama SP wwwwwwww!
Muncul si Bihyung. Ini bisa dibilang masuk rencana Kim Dokja. Dia mau buat kontrak sama Bihyung. SP kasih notif matanya bersinar karena rencana Kim Dokja, cie (uhuk!), tapi gak ada yang tau soal kontrak ini karena channel-nya ditutup. Dengan iming-iming bikin Bihyung jadi King of Dokkaebi, Kim Dokja ngajuin jadi kontrak ekslusif dengan channel Bihyung.
Kim Dokja gak akan mati gitu aja karena ada scenario tersembunyi dengan bunuh monster yang memakannya terus dapat 9.000 koin walau kesulitannya A+. Kalau sukses, kontrak mereka jadi.
Sebelum kelarin misi, dia minta Bihyung servisin Attribute Window pakai System Interference tapi gagal. Katanya ada firewall. Kim Dokja dengan akal bulusnya mikir, “Cocok buat jadi penipu.” Saya ngakak langsung wwwwwwwwwwwwww!!
Kmvrt :v

Sebagai gantinya, Kim Dokja minta Dokkaebi Bag/Buddle, tempat nukerin koin dengan item. Pas mau beli item, SP kasih notif penasaran sama rencananya. Abyssal masih ngambek. Kim Dokja kesel tapi milih cari Ancient Dragon dan Bihyung kaget. Terus masukin White Pure Star Energy ke keranjang, koinnya kurang makanya gak bisa langsung beli wwwwww!!

Akhirnya beli dua item Mucus of the Hammer Sea Horse dan Stone Hog’s Pointed Thorn dengan total 800 koin. 

Singkatnya, dengan item yang udah dibeli, dia berhasil keluar dari perut monster. Pas belum keliatan efeknya, Kim Dokja sempat mikir nyerah gitu, bilang dirinya hanya seorang pembaca, terus ingat ibunya sambil ngantuk karena keabisan stamina. Kelar misinya, dia dapat 10.000 koin (tambahan 1.000 karena berhasil bunuh spesies tingkat 7).
Ichthyosaur’s Core dijual sama Kim Dokja, minta ditukar dengan Broken Faith yang bakal jadi senjatanya sampai akhir scenario.
Kontrak pun dibuat dan dengan gak tau malunya, Kim Dokja minta rasio untung 10:0. Bihyung deal, dimintain DP 5.000 pula, dasar licik kamu Dokja wwwwww! 


04 Line of Hypocrisy

Diam-diam ternyata... Yoo Jonghyuk nungguin sampai 3 hari (ada apa dengan angka 3?). Dengan rasa kecewa (dia berharap Kim Dokja jadi companion-nya uhuk), si brengsek berbalik. Ternyata... itu cuplikan dari skill ORV wwwwwww!
Keren banget dah skill-nya, love it~
Kim Dokja selama itu ternyata tidur dengan bantuan Ellain Forest’s Vital Force. Pas keluar dari sungai, dia masuk zona scenario kedua di mana daratan terkena kabut racun. Dengan bantuan Ellain Monkey’s Lungs, dia pergi ke stasiun bawah tanah terdekat, Stasiun Gumho.
KDJ dengan Ellain Monkey's Lung

Sebelum sampai Gumho, Kim Dokja nyari baju dan pergi ke konbini. Di situ... dia ketemu companion setianya, Jung Heewon, yang jadi korban pemerkosaan (tapi kayaknya selamat, gak jadi diperkosa). Mereka pergi dan masuk lewat Exit 4, ketemu rombongan yang ngebuang Jung Heewon. Terus muncul sub scenario karena conste pada marah sama tindakan perampasan yang mereka lakukan.
 
Jung Heewon

Kim Dokja nurut dong (kesel juga dia), tapi gak dibunuh, cuma ditusuk kakinya pake duri (gak yakin duri, mungkin maksudnya tulang?). Sebelum misinya kelar, bosnya datang, Bang Cheolsoo dari Cheoldoo Group. Kocaknya sih, conste-nya dia, Monarch of the Small Fries, malah kasih koin ke Kim Dokja.
Saya kira dia punya badan gendut


Dia nyiksa Bang Cheolsoo, ngebales perbuatannya ke Jung Heewon. Kelompok mereka pun takut dan nurut untuk bawa Kim Dokja ke basecamp mereka. Terus selama perjalanan, dia sempat ngomong apa yang dipikirin (tentang Yoo Jonghyuk) dan dapat respon...
SP SUKA MONOLOGNYA GOOOOOOOOOOOOOOSH!!
Sayangnya dicuekin wwwwwww!!
Akhirnya ketemu grupnya lagi~ Lee Gilyoung meluk kakinya Kim Dokja (AAAAAAAA!) dan dibalas usapan rambut (AAAAAAAAAAAAA!). Yoo Jonghyuk udah lanjut ke stasiun lain terus muncul Han Myungoh yang nyuruh kelompok Cheon Inho (aka mainstream group) ngebunuh Kim Dokja.
CREEPY BANGET SUMPAH!


Dia ngenalin Kim Dokja ke pengungsi, bilang penyelamatlah blablablablabla. Si SP malah excited, brengsek emang dah.
Jadi, Stasiun Gumho dibagi jadi dua grup, mainstream ini istilahnya preman gitu. Korban atau pihak lemah masuk marginalized group. Jung Heewon ditinggal dan hampir diperkosa karena dia masuk marginal ini.
Kim Dokja gak ngasih makanan yang diambil dari konbini dengan cuma-cuma, dia minta 10 koin per makanan. Lee Gilyoung dapet gratisan tapi malah bayar 20 koin wwwwww!!
Si Cheon Inho nawarin posisi tinggi, mimpin grup bareng dia. Kim Dokja nolak dong, dan diceritain Yoo Jonghyuk jadi hitman di grup mereka sebelumnya. Kelar diskusi, Kim Dokja dirumorin mau memonopoli makanan dan nyuruh makanannya diserahkan ke Cheon Inho biar dibagi rata. Si SP... mendengus.
Kmvrt ngakak saya wwwwww!
Kim Dokja tetap gak mau kasih gratis. Harus bayar pakai koin, harganya 50 koin 1 makanan wwwwww! Makanannya pun tergantikan dengan 1.450 koin karena dibeli mainstream. Lucunya Lee Gilyoung nunjuk pipi Kim Dokja terus kasih biskuit tapi ditolak. Jung Heewon kesel, tapi Yoo Sangah percaya apapun yang dibilang Kim Dokja.
Kemudian makanan dijual dengan harga 200 koin sambil ngejelekin Kim Dokja. Asdfghjkl son of bitch!
Hubungan Kim Dokja dan Jung Heewon mulai dibangun. Awalnya dia gak punya sponsor tapi nanti bakal milih Uriel. Eksklusif skill-nya Demon Slayer dan Kendo. Di situ Kim Dokja dibilang ‘kalem’, padahal mah gak. Dia mirip sama saya, muka keliatan biasa tapi hati dan badan panas-dingin wwwwwwwww!
Muncul dokkaebi selain Bihyung, yang ngomongnya gagap tapi sifatnya lebih kejam. Tambahan scenario kedua.


05 Shadow Keeper

Kim Dokja ngajak ke gorong-gorong kayaknya. Saya gak begitu paham struktur Korea Selatan gimana, yang paling bawah setau saya ada gorong-gorong walau masih gak ada bayangan karena ada jalur kereta bawah tanah. Dia ngajak lewat terowongan menuju Stasiun Yaksu, waktunya berburu monster untuk dimakan wwwwww!
Sebelum pergi ngikutin jalur kereta, Cheon Inho jadiin Han Myungoh mata-mata, nyuruh dia ikut. Kim Dokja manut. Toh, ending-nya... wwwwwwww!
Di situ ketauan skill Lee Gilyoung, Diverse Communication dengan atribut Insect Collector. Dia bantu grup nuntun jalan. Kim Dokja cemas liat bocah kecil kalem di hadapan tubuh manusia yang tercabik-cabik. Ada juga monster tikus yang dibunuh.
Pelakunya? Yoo Jonghyuk.
Sebelum berburu, Kim Dokja bikin senjata dari tulang monster tikus buat Jung Heewon yang punya skill Kendo, haha. Terus akhirnya bikin senjata lainnya bareng-bareng.
Kelar bikin senjata, muncul monster tikus.
Dibanding tikus malah keliatan kayak kadal


Lucunya... Kim Dokja ngiri sama Lee Hyunsung yang level skill-nya lebih tinggi. Mau naikin level tapi sayang koin wwwwwww! Terus Lee Hyunsung nanya, “Apa kau tau sesuatu tentang situasi ini?”
Ooops~ Kim Dokja gak jawab langsung, justru bikin keributan buat ngehindar. Padahal SP udah antisipasi pilihannya dan ngangguk pas gak dijawab wwwwwww! Keributan itu muncul karena Jung Heewon teriak, ngasih tau tikus yang tersisa dan ukurannya lebih besar dari sebelumnya. Han Myungoh... literally ganggu banget. Terus mereka sampai di habitat para monster tikus, The Edge of Darkness.
Kim Dokja mulai nge-bossy, dia masuk ke sarangnya sama Lee Gilyoung. Pas di jalan, Lee Gilyoung nanya apa Hyung (kakak laki-laki) sengaja mau ngebiarin Han Myungoh dibawa tikus, Kim Dokja ngeiyain, agak ngeri sama kepekaan anak adopsinya (uhuk!).
Constellation banyak yang mengerut karena kekejamannya. Beda lagi sama SP yang matanya jadi shining tralala trilili wwwwwww!
Tapi sialnya si Han Myungoh narik Yoo Sangah. Hih, dasar gak tau diri.
“Apa kau kecewa?”
“Gak. Hyung seharusnya gak bohong. Kalau Hyung orang yang seperti itu, Hyung gak akan menyelematkanku di subway. Aku percaya padamu.”
OOOOOOOOOOOOOUCH!! Adegan menyentuh hati...
Kemudian mereka sampai dan muncul sub scenario “Ground Rat’s Treasure Trove”. Muncul notif pas mereka nemu harta karun, dari Abyssal. Hilih... si conste chuuni satu ini...
Mereka deketin core dari sarang monster tikus, Dark Root, terus denger cek-cok Yoo Sangah dan Han Myungoh soal pencurian sepeda. Uriel kasih notif benci Han Myungoh tapi si parachute ini malah tetep nyalahin Yoo Sangah, harusnya terima ajakan pulang barengnya. Padahal tampang jelek, tua gitu, masih aja... mentang-mentang punya status tinggi.
Kim Dokja ngelempar senjatanya dan kena Han Myungoh, tapi incerannya Dark Keeper, demon tingkat 7 yang jagain Dark Root. Sun Wukong puas liatnya wwwwwwwww!
 
Kebangkitan Dark Keeper

Yoo Sangah aktifin skill Interpreter dan ngerti apa yang diomongin Dark Keeper. Dia mau jadiin Yoo Sangah ibunya tapi ditolak dan beralih ke Han Myungoh. Terus... sesuatu dimasukin ke mulutnya... ah, iya. Di sini ternyata momen Han Myungoh semacam dikasih sperma sama demon terus ngebentuk anaknya wwwwww! Iya, kalian gak salah baca, nanti dia ngandung asli dan ngelahirin anak.
Kim Dokja nanya ke dokkaebi Biryu soal pesan masuk. Sun Wukong dan Uriel sampe ngancam buat dia nurutin perkataannya. Pertukaran sukses dan Kim Dokja dapat Broken Faith! Senjatanya disatuin sama energy White Pure Star Energy dan jadi Blade of Faith. Senjata itu cocok buat ngalahin demon.
Battle dengan Bookmark skill Lee Hyunsung


Dia juga pakai Bookmark skill-nya Lee Hyunsung, Weapons Training. Conste kaget liat Kim Dokja berhasil ngalahin Dark Keeper. Si Sun Wukong narik rambutnya, puas.
Saya suka queto Kim Dokja:
“Bukan hanya ‘informasi’ yang kupunya jadi lebih menguntungkan dari yang lain. Tapi terkadang, ‘informasi’ jadi lebih berbahaya daripada apapun di dunia.”
Blade of Faith itu tipe Ether Blade yang harusnya didukung oleh sponsor level tertinggi. Tapi mereka bingung, kok Kim Dokja bisa...?
Biryu nanya, “Gak dibunuh?” Dark Keeper kalah, gak bisa gerak.
Kim Dokja jawab, “Aku punya ideologi ‘tidak membunuh’. Aku bukan orang yang gampang membunuh.” Jawabannya dibalas notif Uriel kagum, SP senyum licik (shit wwwwwww).
Tapi begonya... si Han Myungoh malah ngebunuh Dark Keeper. Pake ngatain son of bitch ke Kim Dokja lagi. Bajingan. Terus muncul notif Asmodeus akan menghantui pembunuh Dark Keeper, BUAHAHAHAHAHA!! MPUS! MAMMAM TUH!
NGAKAK!! :v

SP kasih notif juga, kagum sama kelicikan Kim Dokja BUAHAHAHAHAHA! Dia juga ngerekomendasiin scenario Kim Dokja ke Star Stream, cie uhuk.
Kim Dokja kelarin sub scenario itu sebenarnya buat ngincer Magic Power Stove. Mereka bisa masukin monster tikus yang udah dibunuh buat dimasak jadi makanan enak. Cuma bisa dipake satu orang satu kali. Saya ngebayangin iklan mereka barbeque-an karena conste pada ngiler. Abyssal nelen ludah, Sun Wukong gigit kuku wwwwwwww! Kim Dokja sempet bercanda ke Han Myungoh, “Kau akan jadi hantu setelah makan,” wwwwwww mpus!
Saya gemas dengan pipi tupainya KDJ

 
Bukan cuma stove magic, dia juga ngincer black box buat nukerin Blade of Faith dan Demon core (dari Dark Keeper). Hasilnya...


06 Judgment Time

Kim Dokja beruntung dapet top rated item dan Biryu bilang itu dilarang. Channel sampe ditutup wwwwwwww!
Muncul deh, senjata pamungkas! Unbroken Faith, rating-nya star relic. Setiap item rating star relic punya constellation sendiri dan ada notif dia penasaran sama Kim Dokja. Fufufufu, saya kayaknya tau siapa, calon kakeknya Kim Dokja wwwwwwwww!


Pas mau balik, mereka bergantung pada kemampuan Lee Gilyoung. Tapi gak ada serangga di sekitar mereka dan justru tanpa sadar malah mau manggil raja serangga yang langsung dicegah. Yoo Sangah gantiin pakai stigma, tapi belum ketauan siapa. Kim Dokja baru menduga-duga karena gak bagus kalo tau sponsor dari inkarnasi lain.
Setelah buat kontrak dengan Bihyung, mereka bisa ngobrol pribadi (uhuk) lewat Dokkaebi Communication. Bihyung keceplosan ngomong soal sejarah hitam tapi saya gak nangkep maksudnya apa...
PP-nya muka mereka versi pixel :v


Mereka pun balik dan kasih Old Steel Shield ke Lee Hyunsung. Dia jadi loyal ke Kim Dokja wwwwwww!
Unyu banget sumpah


Notif pembayaran 100 koin muncul. Atribut karakter Jung Heewon mulai tumbuh. Grup marginal ngemis. SP, Uriel, dan Sun Wukong liat pilihan Kim Dokja. Si bajingan Cheon Inho nongol sambil aktifin Incite yang buat Kim Dokja ketauan punya koin terbanyak. Kim Dokja tentu nolak lagi, enak aja main minta. Mereka maksa, niat hajar Kim Dokja tapi gak ada yang berani buat maju.
Han Minsung, karakter tukang bully, maju. Kim Dokja langsung mutusin tangannya pake Unbroken Faith, mpus, mammam tuh! 
Sekali tebas woooooh~


Kemudian Kim Dokja berdemonstrasi (pfft), ngeles yang isinya masuk akal. Isinya mojokin grup mainstream. SP ngangguk-ngangguk (kmvrt). Queto lagi:
“Kalau kau masih punya respek, berjuang dengan tanganmu sendiri. Setidaknya ambil kembali apa yang diambil dari kalian.”
Keadaan jadi makin panas. Atribut Jung Heewon, Judge of Destruction (Hero), bangkit. Kemudian muncul notif dia takkan ragu jadi pedang Kim Dokja di masa depan. Skill Judgment Time pun aktif. Kalau Kim Dokja cuma motong tangan atau kaki, terus Jung Heewon yang habisin, misal nusuk jantung dan tebas tenggorokan. 
Skill andalan Jung Heewon


Besoknya mereka lanjut ke Stasiun Chungmuro. Han Myungoh menghilang entah kenapa, bodo amat sih. Jung Heewon sempat bagi 1.500 koin ke Kim Dokja karena dia hampir bunuh semua anggota grup Cheoldoo. Kim Dokja juga nagih profit dari Bihyung wwwww!
SP puas sama rencana Kim Dokja, uhuk.
Dia pun berinvestasi ke stamina dkk.

AKHIRNYA ARC PEREBUTAN TAHTA DIMULAI!
Di Stasiun Yaksu... mayat bergelimpangan. Yang bunuh? Yoo Jonghyuk. Meh.
Lee Gilyoung dan Lee Hyunsung, di mata Kim Dokja kayak adik-kakak dengan age gap jauh wwwwww! Terus dia mau ke atas. Jung Heewon curiga Kim Dokja bakal nyari item bagus wwwwww! Dengan songongnya dijawab, “Ini rahasia pria.” Hilih.
...ah, saya lupa. Dia juga inkarnasi kurang ajar. Masa mukul patung religius Yujeong Samyeongdang!? Gila.
Gila dia emang


Bihyung panik karena patung itu idola para conste. Tapi Sun Wukong malah ketawa wwwwww! Gak ada akhlak emang. Dia pun dapat Samyeongdang’s Beads dan Samyeongdang’s Straw Mat. Yoo Sangah dan kepintarannya menyelamatkan mereka dari kemarahan conste wwwwwww! Kim Dokja dengan akal bulusnya pun gak ketinggalan... kemudian muncul notif Bald General of Justice maafin kebrengsekan Kim Dokja...
Dua senjata itu dikasih ke Yoo Sangah dan Jung Heewon.
Ngakak sama itemnya Jung Heewon

Kocaknya pas Jung Heewon nanya, “Siapa yang rusakin patungnya?”
Kim Dokja diam dan ngalihin pembicaraan, “Ayo balik, semua.”

Mereka masuk ke dunia ilusi gitu yang dihantui oleh trauma dari orang yang masuk sub ini. Fourth Wall ngelindungin Kim Dokja, si SP malah kasih notif kagum. Brengsek kamoeh, sumpah. Kim Dokja pakai skill Destroy Evil yang diambil dari patung Samyeongdang. Jung Heewon ngamuk dan langsung ditepuk tengkuknya. Muncul Specter tingkat 8 yang hancur karena Welcome Prison juga hancur. 
Masa lalu KDJ :')


Yang kena parah menurut Kim Dokja adalah Lee Gilyoung. Dia masih bocah soalnya, mau sekuat apa juga. Sebelum masuk stasiun Chungmuro, muncul Lee Jihye. Dia disponsori Maritime War God, yang ternyata teman lama si Bald General of Justice.

 
~ VOL 1 KELAAAAAAAAAR! ~
 
EDIT : 26 Oktober 2020 (cuma nambahin gambar aja) 
PS.
Ada sesuatu yang saya sadari di sini setelah baca manhwanya. Si Heewon nyerang Dokja pas jadi Demon Slayer karena Dokja emang... :v


4 komentar:

Eugene mengatakan...

Sepertinya setsuko suka sekali dengan hubungan SP dan dokja. Saya masih belum tahu apa hubungan mereka, tapi menurut saya mereka berdua manis. Saya telah membaca sampai dibagian, dokja melakukan perjanjian dengan outer God (?). Disitu dibilang SP rela mengorbankan 3 jarinya untuk dokja? SP seperti nya memperlakukan dokja dengan spesial ㅎㅎㅎㅎ. Saya juga agak kaget dengan identitas SP yang agak misterius.
Ah... Dan juga tulisan yang bagus setsuko, saya menikmati tulisan mu.

Setsuko mengatakan...

Halo, Eugene-san!! Ini saya (Setsuko) balas pake akun saya yang lain.

Ufufufu iya saya cinta mati sama SP-nim, sayang banget sama dia. Kalau udah sampai perjanjian sama outer god, berarti udah tau ya SP-nim itu siapa, karena punya rupa yang sama kayak salah satu karakter.

SP-nim memang punya feeling, Dokja itu spesial. Hubungan mereka itu... susah buat dideskripsiin. Kamu bakal ngerti setelah baca epilognya ufufufufu

Terima kasih udah mampir wwwww saya kebanyakan curhat dan ngehalunya di sini

Anonim mengatakan...

Hai kak, aku pernah baca gitu katanya dokja deskripsiin kegantengan Jonghyuk 3 paragraf (uhuk). Nah kakak tau ga ya itu chapter berapa atau pas ep apa? Soalnya aku mau baca yang chapter itu doang tapi gatau yang mana :(
-Lun

Setsuko mengatakan...

Hai, Lun-san!!

Kebetulan screenshotnya belum saya hapus. Coba baca chap 428, pas mereka ikut scenario Journey to the West. ^^